Roti Bekatul Beras

Akhirnya..... Kepake juga rice bran/bekatul berasnya :-D  udah hampir 2 mingguan di anggurin hihi... Di minum langsung rada aneh ditenggorokan,  brannya seperti gak matang cari enaknya aja kita sulap jadi roti ;-)

Rice bran ini aku beli di Pwt,  gak sengaja nemu waktu mampir belanja,  eh... Apa nih?  Bekatul beras?  Baca.. Baca ternyata sama seperti wheat bran/bekatul gandum sama² sehat coba ah... Aku selalu tertarik sama bahan pangan yg unik dan sehat,  dirumah ada stok wheat bran buanyak... Lama gak ngeroti jadi di anggurin juga deh haha... Tapi sepertinya bakal habis deh tuh bran soale lagi happy baking nih,  roti tawarku sukses... Gak mentah tengah lagi dan potongannya udah lumayan rapi haha.... Bakal rajin ngeroti nih :-D


Untuk resepnya aku pake resep roti empukku yg udah sering dishare diblog ini, cuma beberapa bahan aku ganti dan airnya cuma pake air biasa gak hangat dan gak es juga hasil adonan yg difermentasi luar biasa ngembang haha... Monggo dicoba resep ini, gampang bgt menurutku,  gak ribet juga... Hasilnya empuk, adonanku gak sampai elastis karna efek tangan yg masih pegel gegara gowes berkilo² tadi pagi,  jadi yg mau seratny lebih halus silahkan di uleni hingga elastis,  kalo aku pengen yg praktis dan gak pake cape aja hihi.. Yg penting mateng dan empuk :-D

Resep Roti Bekatul Beras
Ala Dapur Mama Azka

Bahan :
500gr terigu protein tinggi
100gr gula pasir
11gr ragi instan
20gr santan bubuk
1 ½ sdt garam
50gr bekatul beras dr. Liem
75gr shortening
300ml air

Cara Membuat :
1. Campur semua bahan kering terigu,  gula,  bekatul beras, ragi dan santan bubuk aduk rata.  Tambahkan air sedikit² sambil di uleni,  cukup sampai adonan setengah kalis dan lembab saja. Jika sudah terasa lembab dan agak kalis hentikan pemberian air.

2. Masukkan garam dan shortening,  uleni hingga kalis elastis. Bulatkan adonan,  lalu tutupi dengan plastik wrap diamkan selama 30 menit.  Kempiskan adonan lalu bulatkan kembali diamka  lagi 30 menit.

3. Setelah mengembang 2x lipat lebih,  kempiskan lagi adonan lalu roll adonan.  Bagi menjadi 4 bagian,  lalo roll bentuk persegi dengan ukuran sesuai panjang loyang rotinya.  Gulung adonan yg sudah diroll lalu taruh dalam loyang yg sudah diolesi margarin.  Diamkan selama 1 jam.

4. Panaskan oven suhu 180°c lalu panggang selama 20-40menit, sesuaikan kondisi oven masing². Setelah matang,  dinginkan roti hingga betul² dingin baru dipotong.  Gunakan pisau roti


Selamat Mencoba ^_^

*rice bran bisa diganti dengan wheat bran,  bisa di skip jika tidak ada
*potong roti saat sudah dingin,  agar tidak hancur dan beremah banyak.
*adonan resep di atas jadi sekitar 4 loyang roti tawar uk 22x10x7
*santan bubuk bisa diganti susu bubuk,  tapi kalo aku lebih suka santan karna hasilnya lebih empuk.

0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan, kritik, saran, silahkan tulis di kolom komentar, terima kasih.