Roti Kentang isi Coklat & Roti Gandum Kentang

lama juga gak eksekusi rerotian, ada sisa ragi 1/2 bks lagi dari pada rusak ntar mending di pake aja, jadi deh cemilan hari ini roti kentang dan roti gandum kentang. resep aku pake resepnya mbak Esti yg dishare Bu Vinna digrup. tadinya mau bikin donat kentang tapi karena ada bahan yg aku kurangi jadinya adonan agak sedikit kering tapi hasil akhirnya tetep empuk kok.



Gak dibentuk yg aneh-aneh cuma bunder ajah...ini juga buru-buru bikinnya, disambi momong baby haha....untung jadi ini roti.




biasanya untuk isian coklat begitu aku cuma pake dcc aja, tapi kali ini iseng ditambahin margarin dan rasanya lebih enak menurutku.


Jodohnya White Coffee Caramel hehe....dari 250gr tepung jadilah 9 buah bun besar dan 1 buah bun kecil. resep ini takaran telurnya aku kurangi, aku pake 1 kuning telur aja. olesan masih setia dengan SKM selain gampang dapet efek coklatnya dipermukaan bun rasanya juga tambah gurih manis :D.

Well....tak share resepe again ya...

Resep Roti Kentang isi Coklat
ala Dapur Mama Azka
sumber : Esti Triana Putri

bahan :
250 gr tepung terigu protein sedang *asli pake protein tinggi
1 sdt ragi instan
80gr kentang halus
40gr gula halus
2 sdm susu bubuk
75-100ml susu cair *penggunaan bahan cair secukupnya, jika dirasa sudah lembab adonanya hentikan pemakaian cairannya. resep asli pake 100-150 ml susu cair
2 sdm margarin
1/4 sdt garam
1 kuning telur *asli 2 kuning telur

cara membuat :
1. campur terigu, ragi instan, gula halus, susu bubuk aduk rata. masukkan kuning telur, lalu kentang aduk rata.
2. masukkan susu cair, gunakan bahan cairan seperlunya saja, jika dirasa adonan sudah cukup lembab hentikan pemakaian cairan.
3. masukkan garam & margarin, uleni hingga kalis. diamkan adonan selama 15 menit atau hingga mengembang 2x lipatnya. setelah mengembang kempiskan adonan lalu bagi adonan bentuk bulatan lalu diamkan lagi selama 15 menit. adonan di tata diatas loyang, tutupi dengan plastik wrap.
4. pipihkan adonan lalu beri isian dcc dan sedikit margarin, bulatkan kembali lalu diamkan lagi lk. 30 menit. olesi permukaan roti dengan skm yg ditambah dengan sedikit cairan, lalu panggang dengan suhu 180dercel selama 12 menit.



Nah...kalo yg ini resep yg hampir sama juga tapi tepungnya aku pakai tepung wholemeal dan tambahan wheat bran. hasilnya empuk walaupun bentuknya "ugly" hihi....


yg ini tanpa isian tapi takaran gulanya aku tambah jadi 50gr jadi rotinya lebih manis. tadinya mau dijadiin roti tawar, tapi...lagi males ngeluarin meja gilas dan rolling pin. akhirnya bentuk bulat pipih saja selesai hasilnya empuk ;-)

bahan :
250 gr tepung wholemeal
25 gr wheat bran
1 1/2 sdt ragi instan
80gr kentang halus
50gr gula halus
200 ml susu cair *penggunaan bahan cair secukupnya, jika dirasa sudah lembab adonanya hentikan pemakaian cairannya.
2 sdm margarin
1/4 sdt garam


cara membuat :
1. campur tepung wholemeal, ragi instan, gula halus aduk rata. lalu masukkan kentang aduk rata.
2. masukkan susu cair, gunakan bahan cairan seperlunya saja, jika dirasa adonan sudah cukup lembab hentikan pemakaian cairan.
3. masukkan garam & margarin, uleni hingga kalis. diamkan adonan selama 30 menit atau hingga mengembang 2x lipatnya. setelah mengembang kempiskan adonan lalu bagi adonan bentuk bulat pipih lalu diamkan lagi selama 30 menit  1jam. adonan di tata diatas loyang, tutupi dengan plastik wrap.
4. panggang dengan suhu 180dercel selama 12 menit.

1 komentar:

  1. Halo min, nitip info boleh yak...
    heehe..
    Itung-itung bantuin kita Greenpack untuk menjadikan indonesia lebih hijau dan segar tanpa menggunakan kemasan plastik ataupun styrofoam.

    BalasHapus

Jika ada pertanyaan, kritik, saran, silahkan tulis di kolom komentar, terima kasih.