Cake Pisang Kepok

Cake pisang jadi juga....curi-curi waktu, ngoprek waktu baby Ainun tidur. sejak pagi rempong bgt Ainun jadi agak rewel gak mau ditaruh...maunya digendong trus hiks...biasa ada Neneknya yg gendong, Nenek dah pulang kampung giliran Emaknya sekarang :D

Tadinya pengen cake pisang yg praktis saja yaitu tanpa mixer, tapi aku lagi penasaran dengan metode kuning telur dan putih telur yg dipisah. karena beberapa kali bikin cake tipe buttery dengan pengocokan kunig & putih yg dipisah itu hasil cakenya benar-benar empuk, lembut dan mengembang tanpa bahan pengembang. akhirnya penasaran dengan cake pisang mungkin kalo dimixer dengan metode begitu hasilnya bisa bagus.

Berhubung lagi mau mengurangi konsumsi margarin, jadilah tadi aku pake minyak haha...aneh juga sih, jadi kalo pakai margarin kan itu kuning telur dikocok setelah margarin & gula lembut trus masukin kuning telur nah karena tadi aku pakai minyak akhirnya tak campurin aja semua kuning telur, minyak, gula di mix sebentar trus masukin pisang, terigu si putih telur dikocok di wadah lain tapi gak sampai kaku karena takut keburu Ainun bangun. setelah masuk oven, alhamdulillah....jadi juga cakenya, mengembang montok tapi tekstur dalamnya terlihat basah, so saran ku jika ada yg ingin mencoba boleh-boleh saja pakai metode pengocokan kuning & putih telur dipisah tapi sebaiknya menggunakan margarin dengan takaran 200gr juga bisa. tapi jika ingin pakai minyak sebaiknya mengocoknya seperti kita mau buat sponge cake saja. untuk takaran manisnya silahkan disesuaikan ya...aku menggunakan 150gr gula pasir, jika pisangnya manis pakai 100gr saja.



Banyak yg mengira itu atasnya biji lamtoro :D  mertuaku, ibuku, teman-teman di FB juga banyak yg mengira ini biji lamtoro/petai cina atau bahasa Cilacapnya klandingan, sebenarnya itu biji labu judulnya sih pumpkin kernel rasanya gurih enak jika sudah dipanggang.


Resep Cake Pisang Kepok
ala Dapur Mama Azka

bahan :
5bh pisang kepok ukuran besar
150 gr gula pasir
200 gr tepung terigu
1 sdt garam
200 ml minyak goreng
2 butir telur

cara membuat:
1. kocok telur, gula dan garam hingga mengembang kental. masukkan pisang kocok rata.

2. masukkan terigu, aduk rata. masukkan minyak goreng aduk hingga benar-benar tercampur rata.

3. tuang dalam loyang yg telah diolesi minyak, panggang hingga matang. 

jika ingin lebih berongga bisa menambahkan 1 sdt baking soda.

Selamat mencoba :)

Nb: resep-resep cake ala Dapur Mama Azka lainnya klik resep cake.

0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan, kritik, saran, silahkan tulis di kolom komentar, terima kasih.