Tahu Gimbal ^_^

Tau tahu gimbal selama ini cuma di TV aja, belum pernah liat penampakkannya...eh...di Cilacap kebetulan ada RM. Tahu Gimbal Khas Kota Lama Semarang langsung deh ajak suami nyobain secara penasaran juga seperti apa bentuk dan rasanya. kata suami gimbal itu  udang yg digoreng dengan tepung jadi mirip bakwan udang gitu, haha...kirain gimbal kaya rambut gimbal itu hihi...ternyata rasanya mirip-mirip tahu masak.

Mumpung dirumah lagi ada Kakakku sama Emak, ajak eksekusi tahu gimbal deh, barengan mereka bikin cemilan hari ini. berhubung gak nemu udang jadi gimbalnya pake gimbal teri aja, lebih enak malah.


Nah,,,,ini penampakkannya, kelupaan tadi tambahan telor ceploknya...dan ini aku gak pake lontong.





Untuk bumbu kacangnya aku pake bumbu kacang langsung pake, lebih praktis hehe...kalo yg khas semarang mungkin pake tambahan petis kali ya....cuma ini aku kuah kacang biasa aja kaya gado-gado gitu. dan gimbalnya aku buat seperti bakwan teri biasa, tebel karena aku kurang suka yg terlalu tipis dan garing.




Resep Tahu Gimbal
ala Dapur Mama Azka

Bahan :
2 bks / 12 potong tahu, potong kotak, rendam garam, tiriskan lalu goreng.
1 bks bumbu kacang siap pakai, atau bisa bikin sendiri ya...
2 btg daun bawang, iris halus
2 lbr daun seledri, iris halus
Kol, iris halus

Bahan Bakwan Teri :
500 gr terigu cakra
1/4 bagian kol, iris halus
2 btg daun bawang, iris halus
air secukupnya
garam dan kaldu ayam bubuk secukupnya
teri asin 50-100 gr
3 siung bawang putih, haluskan
3 butir bawang merah, haluskan
1/4 sdt merica bubuk

Cara membuat gimbal, sama seperti bikin bakwan biasa aja ya...

Cara membuat bumbu kacang :
3 butir bawang merah, tumis. masukkan bumbu kacang siap pakai, lalu beri air secukupnya. cicip lagi ya...kalo kurang asin tambah garam, kurang manis tambah gula.

Penyajian :
tata bakwan teri dipiring saji, beri tahu goreng, kol, siram kuah kacang lalu taburi daun bawang & daun seledri, bawang goreng dan kerupuk.

" Selamat Mencoba "

1 komentar:

  1. Favorit saya nih udang... Cuma belum punya bini, jadi jarang ada yang masakin :P
    Oh ya, bagi yang butuh Tray untuk makanan yang berminyak bisa hubungi kami di sini : http://www.greenpack.co.id/

    BalasHapus

Jika ada pertanyaan, kritik, saran, silahkan tulis di kolom komentar, terima kasih.